DAMPAK COVID-19 TERHADAP KEBUTUHAN RUANG DAN PERILAKU MANUSIA



Pandemi coronavirus atau dikenal sebagai pandemi covid-19 adalah peristiwa menyebarnya penyakit yang disebabkan oleh coronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-COV-2, wabah covid-19 pertamakali dideteksi di kota Wuhan, Provinsi Hiuben, Tiongkok pada bulan desember 2019.

pandemi ini mempengaruhi banyak sektor salah satunya dari sektor pembangunan. Mulai dari mempengaruhi desain-desain kota didunia hingga pandemi ini pun mampu mengubah tren desain kedepannya.

Setelah ditutupnya area pertokoan dan perkantoran, yang menyebabkan banyak pekerja yang harus bekerja dari rumah (Work From Home). Hal ini ternyata mengubah presepsi seseorang terhadap kebutuhan ruang yang semula ruang kerja dirumah yang dibuat dengan seadanya, karena dikira ruang kerja yang dibuat dirumah tidak akan digunakan dalam waktu yang lama sekarang berubah karena setiap orang sekarang harus bekerja dirumah.

Dengan keadaan seperti ini kita pun harus memperhatikan aspek-aspek yang dibutuhkan diruangan saat bekerja, seperti pencahayaan,suara,sirkulasi serta warna ruangan yang bisa membangkitkan mood saat bekerja sehingga dapat menjadi lebih produktiv. Aspek seperti itu harus diperhitungkan agar kesehatan mental dan fisik pengguna terjaga walau harus bekerja sendiri dirumah.

Perilaku manusia yang senantiasa ingin tangannya bersih dan selalu menggerakan physical distancing sehingga bisa terhindar dari covid-19 menyebabkan pembatasan jarak dan sistem teknlogi semakin banyak digunakan diberbagai tempat salah satunya di area perkantoran, mulai dari pintu yang terbuka otomatis menggunakan sensor gerak, wastafel yang kerannya diputar oleh pedal yang diinjak menggunakan kaki sehingga tidak akan mengotori tangan, jarak antar meja yang semakin direganngkan, hingga lift yang bisa di gunakan dan diatur menggunakan smartphone, namun penggunaan tangga akan menjadi pilihan yang lebih bijak disaat covid-19 ini selain karna terhindar dari kerumunan dan bersentuhan dengan orang lain naik tangga juga dapat membuat kita menjadi lebih sehat.


Disaat seperti ini kita harus tetap menjaga kesehatan hindari keramaian dan kalau bisa selalu stay dirumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak sehingga kita bisa meminimalisirkan penyebaran covid-19 dan jangan lupa untuk selalu berdoa semoga pandemi ini segera berakhir.

































Comments

Popular posts from this blog

ORGANISASI RUANG

LITERATUR SIRKULASI DALAM ARSITEKTUR

LITERATUR HUMAN SPATIAL BEHAVIOR