Review Bubble boy 2001 dan Hubungannya pengaruh ruang dan manusia

Bubble Boy (2001)


Sinopsis Cerita

Ibu Livingston, seorang ibu konservatif yang mengendalikan, memberi tahu kami tentang bagaimana putranya, Jimmy, dilahirkan tanpa kekebalan dan tumbuh dalam gelembung plastik ("Bubble Boy"). Ketika Jimmy masih remaja, Chloe Molinski bergerak di sebelah dan Jimmy langsung jatuh hati padanya ("It Will Be Chloe"). Livingston menemukan dan segera mencoba memperingatkan Jimmy agar menjauh darinya ("Tetap Bersihkan"), tetapi terlepas dari keberatannya, Jimmy dan Chloe menjadi teman, dan Chloe bahkan mulai mengembangkan perasaan romantis untuk Jimmy ("Falling for the Boy" ). Tetapi ketika Chloe muncul di kamarnya dalam keadaan mabuk dan Jimmy yang ketakutan menolak kemajuannya ("Dekontaminasi Saya"), Chloe beralih ke wannabe rocker Mark sebagai pacarnya ("Prom Night"). Ketika Markus melamar prom, Chloe mengatakan ya, dan kemudian harus memberi tahu Jimmy, yang mencoba mengatakan padanya untuk tidak melakukannya, tetapi tidak bisa mengumpulkan keberanian ("Please Stay"). Dia meninggalkan undangan untuk pernikahan, yaitu di Niagara Falls, yang mengilhami Jimmy untuk membangun pakaian gelembung dan menghentikan pernikahan dan mengatakan kepadanya bagaimana perasaannya ("Keluar dari Sini").

Keluar di dunia untuk pertama kalinya, Jimmy bertemu dengan kultus Bright dan Shiny, dipimpin oleh Lorraine dan Todd ("Bright and Shiny") dan mereka memberinya tumpangan. Tapi begitu dia mulai dengan polos menunjukkan kekonyolan kepercayaan mereka, mereka menendangnya dari bus dan meninggalkannya di tengah-tengah dari mana. Livingston terbangun dan mendapati bahwa Jimmy sudah pergi. Dia panik, menelepon 9-1-1, tetapi tidak mendapat bantuan dan memutuskan dia dan Mr. Livingston harus pergi mencari Jimmy sendiri ("Bawa Kembali Anakku"). Jimmy selanjutnya bertemu dengan seorang pengendara motor bernama Slim dan gengnya "Diablos del Diablo." Slim mengetahui tentang situasi Jimmy dan memberitahunya untuk tidak tinggal ("Menyesal"). Slim memberi tumpangan pada Jimmy, tetapi hanya bisa membawanya sejauh ini karena ia "tidak diterima di negara bagian Nebraska." Sementara itu, Chloe, Mark, dan sahabat karibnya, Shawn, berada di sebuah toko pernikahan sambil memandangi gaun-gaun. Chloe tidak dapat menemukan apa pun, dan dia bertanya-tanya apakah mungkin mereka harus menunda pernikahan dan tidak terburu-buru, tetapi Mark berusaha meyakinkannya ("Sesuatu Disebut Selamanya"). Diutus oleh Slim, Jimmy melihat seorang redneck Sheriff dan Deputi melecehkan seorang pria es krim India bernama Pushpahp dan datang untuk membela dirinya. Dia akhirnya secara tidak sengaja mengantongi petugas, dan dia dan Pushpahp pergi bersama. Ketika mereka mengemudi, para Shinies mengetahui dari pemimpin mereka Gil bahwa Jimmy adalah yang terpilih, dan mereka perlu menemukannya, Slim mengetahui bahwa Sheriff mengejar Jimmy, dan menyadari bahwa dia perlu membantunya, Chloe mendapat pesan dari Jimmy dan memutuskan untuk melacaknya, dan Livingstons mendapat telepon dari Mark agar mereka tahu keberadaan umum Jimmy ("Gotta Get That Boy").


Kemudian Pushpahp menabrak seekor sapi dengan truk es krimnya. Dia pergi ke penolakan ("Ini adalah Rusa") tetapi menyadari bahwa dia harus tinggal dan menebus dan tidak bisa membawa Jimmy lebih jauh. Jimmy dan Chloe, berkilo-kilometer terpisah dan merasa tersesat dan sendirian, bernyanyi tentang hal-hal yang menahan mereka dari kebahagiaan sejati ("Ada Gelembung Di Sekitar Hatiku"). Jimmy bangun keesokan paginya dihadapkan dengan Shinies. Dia menjawab dengan mencuri bus mereka ("I Stole a Bus"). Ketika bus mogok, dia ditemukan oleh orang tuanya satu mil jauhnya dari gereja tempat Chloe menikah. Karena tidak mampu melawan ibunya, dia setuju untuk pulang. Dia memiliki waktu berduaan dengan ayahnya, yang telah membungkam seluruh pertunjukan, dan akhirnya berbicara ("You Can See the Moon Today"), mengilhami Jimmy untuk berangkat ke pesta pernikahan ("One More Mile"). Dalam perjalanan para Shinies, Slim, Pushpahp, Sheriff, dan Livingstons bergabung dalam pengejaran. Ketika Jimmy tiba, dia berdiri untuk Mark dan memberi tahu Chloe bagaimana perasaannya, akhirnya melepaskan pakaian gelembungnya ("Aku Lebih suka Menghabiskan Satu Menit Memegangmu"). Chloe menyatakan cintanya pada Jimmy. Dan kemudian dia jatuh ke lantai, sekarat. Livingstons tiba, dan Ny. Livingston menuduh Chloe membunuh Jimmy. Kemudian Tuan Livingston berkata, "Katakan padanya. Ceritakan semuanya." Ny. Livingston mengungkapkan bahwa Jimmy benar-benar mengembangkan kekebalan ketika dia berusia delapan tahun, tetapi dia tidak ingin dia hancur "oleh dunia dan kekotorannya," jadi dia menyimpannya di dalam tempat dia aman. Jimmy menyadari bahwa dia belum mati, memaafkan ibunya, dan kemudian meminta Chloe untuk menikah dengannya. Dia mengatakan ya, dan semua orang di gereja merayakan ("Finale").


Hubungan Pengaruh Ruangan Dan Perilaku Manusia 

Mery dan Tryst (dalam Soesilo, 1989) melihat bahwa hubungan antar manusia dengan lingkungannya merupakan suatu jalinan transactional interdependency atau terjadinya ketergantungan satu sama lain. Hal ini hampir sama dengan pendapat Guilford, yaitu bahwa manusia mempengaruhi lingkungannya. Untuk selanjutnya lingkungan akan mempengaruhi manusia, demikian pula terjadi sebaliknya.

Seperti di dalam film ini Jimmy seorang manusia yang memiliki ruang hidup yang sempit dikarenakan penyakitnya yang tidak memiliki sistem kekebalan tubuh membuatnya terpaksa berada di dalam gelembung transparan semasa hidupnya,bisa kita simpulkan bahwa setiap manusia memiliki ruang mereka tersendiri kebutuhan pribadi tersebut akan membentuk ruang yang kita perlukan dari perilaku kita sehari hari itulah yang akan membentuk ruang.

karna manusia memiliki perilaku hidup berbeda beda sehingga menciptakan kebutuhan ruang yang berbeda beda pula,ada beberapa faktor yang mempengaruhi terciptanya ruang seperti :
  • Jenis kelamin
  • Umur
  • Kepribadian
  • Kekuasaan atau Status
  • Pengaruh lingkungan fisik

Dari film ini kita belajar bahwa manusia memiliki kebutuhan ruang yang berbeda beda dan kita harus bersyukur atas segala sesuatu yang terjadi kepada kita,berusaha menjadi lebih baik dan berjuang keras untuk mendapatkan sesuatu yang kita impikan.








Comments

Popular posts from this blog

ORGANISASI RUANG

LITERATUR SIRKULASI DALAM ARSITEKTUR

LITERATUR HUMAN SPATIAL BEHAVIOR